STRES MERUPAKAN SUMBER BERBAGAI PENYAKIT

  • 15% masyarakat di negara yang sudah berkembang menderita gangguan jiwa.
  • 75% dari populasi umum mengalami “stres” paling tidak setiap dua minggu.
  • Lebih dari 800 juta dolar dihabiskan untuk pil “anti-cemas” setiap tahunnya.
  • Lebih dari 30% orang dewasa mengalami stres sehari-hari yang cukup besar, sehingga berdampak pada performa mereka saat di rumah atau saat bekerja.
  • Sejak lebih dari seabad yang lalu, kita telah mengurangi rata-rata waktu tidur lebih dari 20%.

(National Health Interview Survey, Singapore)

Dari banyak penyebab-penyebabnya antara lain karena gaya hidup yang tidak sehat, stres pada saat bekerja dan paparan bahan-bahan kimia yang disebabkan oleh meningkatnya industrialisasi. (Malaysian National News Agency)

PENILAIAN TINGKAT STRES

Berikut ini hal-hal yang menggambarkan tentang diri Anda:

  • Masalah-masalah keluarga
  • Banyak perubahan dalam pekerjaan
  • Tidak berolahraga
  • Mudah tertekan
  • Mudah lelah
  • Terpengaruh oleh masalah-masalah kecil
  • Kehilangan selera makan; penurunan berat badan
  • Perut kembung; sembelit, diare
  • Nyeri dada; sulit bernafas
  • Sering berkeringat, telapak tangan dan kaki terasa dingin

Skor (setiap item diberi nilai 1)

  • 3 dan dibawahnya : Normal
  • 4 – 6   : Mengalami beberapa tingkat stres
  • 7 – 10 : Anda stres berat!

JANGAN ANGGAP REMEH DAMPAK STRES TERHADAP KESEHATAN ANDA!

Stres dapat berdampak jangka pendek (akut) atau jangka panjang (kronis)
Stres akut adalah reaksi yang segera mengarah pada ancaman akut, yang umumnya diketahui sebagai respon “melawan atau melarikan diri” dan dapat berdampak pada’seseorang secara psikologis dan fisiologis. Dalam kebanyakan kasus, begitu ancaman akut berlalu, kadar hormon stres akan kembali normal. Namun, kehidupan modern memberikan situasi stres yang berkesinambung dan tidak singkat, serta jika tidak ditangani dengan baik, dapat menjadi kronis. Stres kronis dapat menyebabkan penyakit dan komplikasi lainnya.

1. Tingkatan Stres Akut2. Tingkatan Stres Kronis
 Dampak Psikologis:
kelelahan, gelisah, kepercayaan diri rendah Physiological effects:
Tekanan darah tinggi, gangguan detak jantung, insomnia, makan / ngemil berlebihan / obesitas, sulit fokus dan berkonsentrasi, bicara tidak jelas.
  Penyakit Kardiovaskular Penyakit Serebrovaskular Penyakit Saluran Pencernaan Gangguan Mental Gangguan Sistem Kekebalan Penyakit Muskuloskeletal

STRES KRONIS BERDAMPAK PADA KESEHATAN ANDA

Kadar Kortisol yang tinggi, sumber dari berbagai penyakit

Kortisol adalah hormon stres tubuh yang utama. Pada saat kita stres, kadar kortisol meningkat. Apabila stres menjadi kronis, tubuh kita akan terpapar kortisol lebih lama dan dapat menimbulkan masalah kesehatan. Masalah-masalah yang timbul karena tingginya kadar kortisol:

  • Obesitas
  • Gangguan metabolisme (sindrom X)
  • Gangguan otak (kecemasan / depresi / Penyakit Alzheimer’s / berdampak pada daya ingat & kemampuan belajar)
  • Gangguan tidur (insomnia)
  • Disfungsi seksual
  • Penyakit kardiovaskular (tekanan darah tinggi)
  • Penyakit saluran pencernaan (borok lambung)
  • Gangguan imunitas/kekebalan tubuh (kanker)
  • Otot/Kulit/Tulang/Rambut/Kuku: Kulit kering, Osteoporosis, rambut rontok

Kortisol (Hormon Stres) vs Gangguan Tidur:

Riset ilmiah menunjukkan bahwa kadar kortisol tinggi yang kronis dan stres saling berhubungan. Dengan demikian, sangat penting untuk menyeimbangkan kadar kortisol jika Anda ingin hidup lebih baik, lebih lama.

SUPLEMENTASI NUTRISI YANG MENYEIMBANGKAN HORMON STRES

Teh Hijau (Teanin) Fitosterol Ekstrak Kedelai
Uji klinis menunjukkan bahwa 50-200 mg theanin memiliki sifat dapat menenangkan kecemasan. Meningkatkan gelombang alfa di otak dan mengurangi kecemasan Memperkuat kemampuan untuk fokus Menyeimbangkan hormon stres Mengatur fungsi sistem kekebalan Menjaga metabolisme tetap sehat Sejenis fosfolipid yang berkaitan erat dengan fungsi sel-sel otak. Ditemukan di membran sel dan memegang peran penting dalam metabolisme otot dan pengaturan sistem imun. Selama latihan yang sangat keras, ekstrak kedelai mengatur produksi hormon stres sebanyak 15-30%

NUTRISI YANG MENGHILANGKAN KELELAHAN, MENINGKATKAN STAMINA DAN MEMACU ENERGI

Vitamin B Kompleks, Mineral, Cordyceps dan Ginseng

Vitamin B Kompleks Hati adalah organ yang membantu untuk detoksifikasi tubuh kita. Ketika hati gagal berfungsi, kita akan mengalami kelelahan dan lemah/lemas. Fungsi utama dari Vitamin B Kompleks adalah untuk mendukung sistem syaraf pusat dan melindungi hati. Vitamin B dan mineral bekerja dalam metabolisme tubuh kita dengan mengubah kalori menjadi energi untuk tubuh kita. Dengan demikian, jika tubuh tidak cukup Vitamin B dan mineral, maka produksi energi dapat terhambat.

Cordyceps Dalam pengobatan tradisional Cina, Cordyceps dipercaya memiliki sifat afrodisiaka (perangsang nafsu seks) dan penenang. Bahan ini terutama sangat bermanfaat bagi para lansia dan mereka yang sedang dalam masa penyembuhan dari sakit. Penelitian menunjukkan bahwa atlit yang mengkonsumsi suplemen cordyceps selama berlatih, memiliki daya tahan dan stamina yang lebih tinggi. Orang dengan kemampuan rata-rata yang menkonsumsi cordyceps mampu mengelola stres dan melawan kelelahan dengan lebih baik.

Ginseng Gingseng sudah terkenal sebagai rajanya tonikum. Bahan ini dipercaya mampu mengatur fungsi sistem imun dengan jalan menguatkan performa psikologis dan fisiologis tubuh dalam mengelola stres internal dan external.